Apa itu Market Cap Saham ?

 Apa itu Market Cap Saham ? 

Apa Itu Market Cap Saham

Kapitalisasi pasar atau market capitalization adalah istilah yang sering digunakan dalam dunia keuangan dan investasi. Kapitalisasi pasar mengacu pada nilai pasar atau total nilai perusahaan yang diperdagangkan di bursa saham. Nilai kapitalisasi pasar dihitung dengan cara mengalikan jumlah saham yang beredar dengan harga saham saat ini.

Market cap (market capitalization) saham adalah nilai pasar atau total nilai perusahaan yang diperdagangkan di bursa saham. Nilai ini dihitung dengan cara mengalikan jumlah saham yang beredar dengan harga saham saat ini. Dalam hal ini, "jumlah saham yang beredar" merujuk pada jumlah saham yang dikeluarkan oleh perusahaan dan dipegang oleh investor, baik publik maupun institusional. Untuk lihat seberapa mahal suatu perusahaan : 
1. Harga saham per lembar
2. Total lembaran saham (cek di idx.co.id )

Misalnya, jika suatu perusahaan memiliki 100 juta saham yang beredar dan harga sahamnya saat ini adalah Rp 10.000, maka market cap perusahaan tersebut adalah Rp 1 triliun (100 juta x Rp 10.000). Nilai market cap dapat menjadi indikator penting bagi investor dalam menilai ukuran dan nilai perusahaan, serta dalam membandingkan nilai perusahaan dengan perusahaan lain dalam industri yang sama.

Market capitalization atau kapitalisasi pasar memiliki beberapa fungsi penting dalam dunia keuangan dan investasi, antara lain:

1. Mengukur ukuran dan nilai perusahaan : Market capitalization adalah salah satu indikator penting untuk menilai ukuran dan nilai perusahaan. Semakin besar market capitalization suatu perusahaan, semakin besar pula ukuran dan nilai perusahaan tersebut.


2. Menjadi dasar bagi indeks pasar : Market capitalization juga digunakan sebagai dasar bagi indeks pasar, seperti indeks Dow Jones, S&P 500, dan indeks lainnya. Indeks pasar dapat memberikan gambaran tentang kinerja pasar secara keseluruhan.


3. Memudahkan pembandingan antar perusahaan : Market capitalization memudahkan pembandingan antara perusahaan dalam industri yang sama. Dengan membandingkan market capitalization antara perusahaan, investor dapat menilai kinerja dan prospek pertumbuhan perusahaan secara relatif.

4. Mempengaruhi investasi : Market capitalization dapat mempengaruhi keputusan investasi investor. Investor mungkin lebih tertarik pada perusahaan dengan kapitalisasi pasar besar karena dianggap lebih stabil dan memiliki potensi pertumbuhan yang lebih baik.


Dalam investasi saham, market capitalization dapat menjadi salah satu faktor yang perlu dipertim8rjJhe38Y7Ebangkan oleh investor dalam menilai prospek investasi suatu perusahaan. Namun, investor juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti kinerja keuangan perusahaan, industri, dan faktor ekonomi secara keseluruhan.

Note : 

Belum tentu perusahaan yang lebih "mahal" memiliki kinerja yang lebih baik. Satu indikator sederhana bisa membantu kita berpikir lebih rasional sebelum akhirnya menentukan akan berinvestasi di suatu perusahaan tersebut atau tidak. 

Source : Saham dari Nol