Hidup Tenang Tanpa Pinjaman Online

 Hidup Tenang Tanpa Pinjaman Online

Hidup Tenang Tanpa Pinjaman Online

Memiliki gaji yang tidak terlalu besar tentunya menjadi pressure tersendiri bagi kita. Apalagi jika kita sudah berumah tangga banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Saat ini, seringkali lingkungan memengaruhi gaya hidup kita. Kebutuhan bahkan tidak menjadi dasar karena dikuasai oleh keinginan sehingga kita pun mengambil jalan pintas dengan pinjaman online.

Pinjaman online sudah mulai meresahkan masyarakat, karena tidak semua pinjaman online legal. Saat ini masih banyak pinjaman online yang ilegal. Yang lebih meresahkan lagi, banyak oknum yang dengan sengaja menggunakan identitas orang lain untuk mendaftarkan dirinya ke pinjaman online ilegal, lalu pada akhirnya diteror oleh debt collector. Berikut ini cara mengelola keuangan agar kamu tidak terjebak pinjaman online. 


- Pertama, buang rasa gengsi! Biasanya para milenial ini seringkali merasa gengsi karena melihat lifestyle temannya yang ‘berlebihan’ namun pemasukannya tidak mencukupi untuk memiliki lifestyle (gaya hidup) seperti itu dan akhirnya para milenial ini memanfaatkan pinjaman online ilegal.


- Kedua, catat semua pengeluaran dan pemasukan kamu. Hayo siapa yang sering mengalami habis gajian tapi uangnya tidak tahu kemana? Saatnya catat semua pengeluaran dan pemasukan agar bisa keuangan dapat terkontrol.


- Ketiga, biasakan untuk berinvestasi walaupun hanya sedikit. Siapa bilang investasi memerlukan modal yang besar? Tenang! Bahkan dengan modal yang bisa dikatakan minim, kamu masih tetap bisa berinvestasi. Sudah banyak saham-saham yang harganya relatif terjangkau namun tetap menjadi incaran para investor.


Nah, dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa pengelolaan dana itu sangat penting. Apalagi di tengah kondisi ekonomi yang kurang stabil saat ini. Yuk, mulai dari sekarang berinvestasi dan siapkan dana darurat untuk kedepannya.